top of page

Seputar Laga Perdana Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak: Dari Mundurnya Traveloka hingga Badge FIFA yan

Tiba-tiba saja titel Liga 1 berubah. Musim lalu kita terbiasa mendengar "Go-Jek Traveloka Liga 1" dan hari ini di laga perdana antara Bhayangkara FC melawan Persija, tak ada lagi Traveloka di sana. Apa pasal?

Ternyata memang mundurnya Traveloka dari sponsor utama bersama Go-Jek cukup dadakan, tepatnya kemarin alias H-1 kick off musim 2018 Liga 1. Bahkan dalam acara peluncuran Liga 1 di Indosiar, nama Traveloka masih muncul.

Traveloka mengatakan adanya miskomunikasi dan ketidakcocokan dalam beberapa hal yang tidak dijabarkan kepada media, sementara PT. LIB kemungkinan besar akan memprosesnya ke jalur hukum karena memang mundur mendadak seperti itu akan sangat merepotkan, terutama dalam hal logo di jersey ratusan pemain yang terlibat dan atribut lainnya.

Bola Resmi

Nike masih menjalin kerja sama dengan PSSI untuk menyuplai bola selama semusim pegelaran kompetisi. Seperti sebelumnya, bola yang digunakan pun mirip dengan desain bola Nike di liga-liga lain di dunia, hanya berbeda pada varian warna saja. Jika diperhatikan, bola Liga 1 musim ini memang serupa dengan bola liga kasta tertinggi Inggris, EPL, musim 2017 - 2018, Nike Ordem V.

Kostum Wasit

Perusahaan apparel lokal, Specs, menjadi pemasok seragam wasit. Specs memang salah satu merek lokal yang memiliki produk olahraga dengan kualitas sangat baik, serta sudah digunakan juga oleh beberapa klub luar negeri sebagai apparel resmi mereka.

Perangkat Pertandingan

Selama ini, wasit-wasit FIFA milik kita hanya menggunakan badge PSSI di dada mereka, kecuali wasit asing yang sempat digunakan di musim 2017. Itu pun tidak selalu, kami pernah menemukan hanya ada logo liga di bagian tengah, tanpa badge FIFA. Nampaknya dimulai sejak final Piala Presiden lalu, wasit dan asistennya sudah mengenakan badge prestisius yang juga diterapkan di liga-liga negara maju tersebut. Tentu saja hal ini menjadikan liga kita lebih berkelas.

Badge yang Hilang

Di babak kedua jelang pertandingan usai, tiba-tiba saja badge milik Thoriq M. Alkatiri tidak ada lagi di dadanya, hilang entah ke mana. Memang sepanjang pertandingan bertensi tinggi tersebut, badge FIFA milik wasit yang menjadi perangkat pertandingan di dua laga Liga Champions Asia 2018 itu nampak hanya ditempel dan seperti akan terlepas.

Pertandingan Selanjutnya

Setelah laga pembuka malam ini, tiga pertandingan akan digelar esok hari, Sabtu (23/3). Dimulai dengan duel Persipura melawan Persela pukul 13 WIB yang bisa disaksikan di Vidio.com dan UseeTV Sprots, kemudian Arema FC vs Mitra Kukar pukul 15 WIB, diakhiri dengan Bali United FC kontra PSMS Medan pukul 18 WIB, keduanya disiarkan langsung di Indosiar.

bottom of page