top of page

Seri Flat Earth: Langit Kokoh dan Orang-orang Bodoh

Trivia

Mulai pekan ini, tulisan kajian mengenai teori bumi datar akan kami hadirkan setiap hari Jum'at sebagai bagian dari kampanye kebenaran yang selama ini ditutup-tutupi demi kepentingan pribadi maupun golongan.

Ilustrasi kubah langit. Dalam Al Quran disebutkan bahwa tiap tingkatan (kubah) langit memiliki pintu hingga tujuh lapis.

Semenjak mengenal teori bumi datar, masyaallah bahwa hampir setiap kali mengaji dan membaca terjemahan baik di mushaf maupun di TV Rodja, terdapat ayat tentang langit dan bumi. Namun alih-alih melemahkan teori bumi datar, justru semakin menguatkannya, sehingga kadang membuat kami merinding sendiri.

Seperti pagi ini ketika membaca Qs.51: Az-Zariyat. Surah Az-Zariyat adalah surah ke-51 dalam Al-Qur'an yang tergolong surah Makkiyah dan terdiri atas 60 ayat. Dinamakan Az-Zariyat (Angin Yang Menerbangkan) diambil dari ayat pertama surah ini. Simak beberapa ayat berikut ini.

وَٱلسَّمَآءِ ذَاتِ ٱلْحُبُكِ

7. Demi langit yang mempunyai bangungan kokoh,

إِنَّكُمْ لَفِى قَوْلٍ مُّخْتَلِفٍ

8. sungguh, kamu benar-benar dalam keadaan berbeda-beda pendapat, يُؤْفَكُ عَنْهُ مَنْ أُفِكَ

9. dipalingkan darinya orang yang dipalingkan.

قُتِلَ ٱلْخَرَّٰصُونَ

10. Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta, ٱلَّذِينَ هُمْ فِى غَمْرَةٍ سَاهُونَ

11. orang-orang yang terbenam dalam kebodohan dan kelalaian,

وَٱلسَّمَآءَ بَنَيْنَٰهَا بِأَيْي۟دٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ

47. Dan langit Kami bangun dengan kekuasaan, dan Kami benar-benar meluaskannya. وَٱلْأَرْضَ فَرَشْنَٰهَا فَنِعْمَ ٱلْمَٰهِدُونَ

48. Dan bumi telah Kami hamparkan; maka sebaik-baik yang menghamparkan.

Tidak seperti kepercayaan globe earth yang sering harus menurunkan tafsir pada Quran hingga "sesuai" dengan sains modern, bagi para pemercaya flat earth Firman Allah yang menjelaskan tentang bentuk bumi dan langit tersampaikan dengan jelas (ayat Muhkamat), sehingga tidak perlu penafsiran layaknya ayat-ayat Mutasyabihat.

Peta Bumi Datar pada logo Perserikatan Bangsa-bangsa, menyiratkan sesuatu?

Ayat 7

Ini adalah terjemahan alternatif dari "zatil hubuk," dalam kebanyakan terjemahan disebutkan "mempunyai jalan-jalan" yang dikorelasikan dengan garis edar bintang, planet dan benda-benda langit lainnya. Ayat ini menegaskan bahwa langit merupakan bangunan padat, kuat, tak tertembus. Hanya mungkin jika langit adalah kubah transparan, dan perjalanan ke luar angkasa maupun satelit adalah kebohongan.

Ayat 8

Sebagian memercayai konsep bumi datar, kebanyakan lainnya masih terdoktrin tentang bumi bola yang berputar.

Ayat 9

Banyak orang yang sampai padanya tentang teori bumi datar namun mencemoohnya, merendahkannya, atau tak ambil peduli.

Ayat 10

Mereka yang membuat kebohongan soal big bang, teori evolusi, sistem tata surya, gerhana, dinosaurus, bahkan soal vaksin, pemanasan global, perjalanan luar angkasa, dan berbagai kebohongan modern lainnya.

Ayat 11

"Terbenam," ketika sampai padanya suatu kebenaran, tapi mereka menolak dan teguh pada apa yang mereka yakini sejak lama.

Ayat 47

Idem catatan untuk ayat 7, bahwa langit adalah bangunan. Sangat bertentangan jika langit adalah luar angkasa tak terbatas.

Ayat 48

Menghamparkan hanya mungkin jika bentuknya datar, tidak ada penghamparan pada bidang bola atau lainnya.

Wallahu'alam bissawab.

bottom of page