top of page

Boneka Hafiz Junior: Mainan Edukatif Menghafal Al-Qur'an


Di awal tahun ini, Al Qolam kembali meluncurkan produk edukatif sebagai solusi bagi anak-anak muslim untuk menghafal Al Quran, bernama Hafiz Junior. Mainan edukatif dengan kualitas audio yang jernih ini berisi masing-masing murottal juz 30 dan 6 lagu anak-anak. Hafiz Junior diluncurkan dalam 2 pasang dengan tema profesi yang berbeda. Satu pasang Hafiz dan Hafizah bertema Dokter dan yang lainnya bertema Pilot.

Terobosan terbaru untuk keunikan produk ini salah satunya pada saat boneka dinyalakan, ia akan bercerita mengenai profesinya masing-masing. Dengan memperkenalkan profesi pada anak-anak sejak dini akan membuat anak menjadi lebih mudah mengenali apa yang menjadi cita-citanya kelak dan juga dapat memberikan pengetahuan kepada mereka tentang tugas dan tanggung jawab dari masing-masing profesi.

Kali ini inisiasi meluncurkan boneka Hafiz Junior untuk mempermudah anak-anak dalam menghafal Al Quran, khususnya pada juz 30 yang berisi 37 surah pendek. Dengan tujuan tersebut, boneka Hafiz dan Hafizah Junior dibekali dengan metode menghafal Al Quran yang diulang-ulang per ayat. Pengulangan ayat bisa dipilih sebanyak 3 kali, 5 kali, 10 kali, atau 20 kali. Kemudian bacaannya akan diteruskan ke satu ayat selanjutnya dan akan diulang kembali.

Belinda Agustya, M.Psi, Psikolog Anak, sebagai nara sumber dalam acara peluncuran di dua lokasi berbeda yakni Bekasi dan Tangerang, menjelaskan pentingnya bermain bagi anak-anak. "Boneka Hafiz merupakan salah satu alternatif alat permainan untuk anak bahkan saat masih berusia bayi atau nol bulan. Mengapa? Karena salah satu indera manusia yang pertama kali aktif adalah pendengaran, sehingga dengan mendengarkan lantunan ayat Al Qur'an dapat menstimulasi indera pendengarannya sekaligus sebagai pembiasaan yang positif."

Lebih lanjut, Co-Founder Klinik Psikologi Anak "Rainbow Castle" dan "eL-skaL Indonesia" ini mengatakan, "Sedangkan ketika boneka Hafiz ini digunakan bermain pada anak usia 13 hingga 24 bulan, mereka biasanya sangat menyukai permainan yang dapat mengeluarkan bunyi ketika ditekan. Di situ mereka juga belajar sistem sebab akibat sederhana."

Berbeda dengan boneka Hafiz versi sebelumnya, Hafiz Junior berukuran lebih kecil, sesuai dengan namanya. Tinggi boneka Hafiz Junior ini hanya sekitar 13-14 cm sehingga memungkinkan anak-anak dapat membawanya dengan mudah kemana saja.

Direktur Al Qolam, Ayu Palupi menjelaskan, “Ini salah satu inovasi dari boneka Hafiz Junior yang berbeda dari pendahulunya. Hafiz Junior secara fisik dikemas agar pas dipegang anakanak dan mudah untuk dibawanya kemana-mana. Harapannya, Hafiz Junior bisa menjadi media anak-anak menghafal surah-surah pendek di mana pun dan kapan pun.”

Selain Hafiz Junior, pada pertengahan tahun lalu, Al Qolam juga meluncurkan produk bernama Smart Hafiz sebagai media audio visual bagi anak yang juga dapat digunakan untuk berkaraoke. Produk ini bertujuan sebagai pengganti gadget untuk anak, di mana kontennya sulit untuk dikontrol oleh para orangtua. Terdapat lebih dari 300 konten edukatif berupa kisah para nabi, belajar membaca Al Quran, video animasi, lagu-lagu anak, dan sebagainya.

bottom of page