top of page

Bantuan Komunitas Facebook: Mempermudah Masyarakat Saat Terjadi Musibah


Trivia

Apa yang biasa dilakukan masyarakat perkotaan "zaman now" saat terjadi musibah di suatu daerah? Jika salah satunya adalah mengakses media sosial, maka jangan buru-buru menghakimi. Karena bisa jadi ia sedang mengabari atau mencari informasi keselamatan keluarganya.

Banyak orang mengunjungi Penanggulangan Krisis di Facebook untuk memberitahukan teman dan keluarga bahwa mereka berada dalam keadaan aman, memahami serta berbagi banyak hal tentang apa yang terjadi dan membantu proses pemulihan komunitas dari musibah.

Community Help atau Bantuan Komunitas ditambahkan sebagai bagian dari Facebook pada satu tahun lalu untuk mempermudah orang dalam meminta dan memberikan bantuan saat musibah terjadi. Organisasi dan bisnis juga memainkan peran penting dalam merespons musibah dan membantu masyarakat membangun kembali komunitasnya.

Hari ini Facebook mengumumkan bahwa organisasi dan bisnis juga dapat memosting di Community Help agar mereka bisa menyediakan informasi dan layanan penting bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan saat terjadi musibah. Facebook mulai meluncurkan fitur tersebut ke Pages untuk organisasi dan bisnis seperti Direct Relief, Lyft, Feeding America, International Medical Corps, The California Department of Forestry and Fire termasuk Save the Children dan akan membuat fitur ini tersedia kepada lebih banyak lagi organisasi serupa di masa mendatang.

Selama tahun lalu, orang mengandalkan Community Help untuk 500 lebih musibah yang berbeda, antara lain musibah banjir di Brasil, Badai Harvey di Amerika Serikat, serangan di Barcelona, banjir di Mumbai dan gempa bumi di pusat kota Meksiko (September).

Orang-orang juga terlibat dengan Community Help melalui lebih dari 750.000 kali postingan, komentar dan pesan. Kebanyakan dari mereka menggunakan kategori peluang menjadi sukarelawan, tempat tinggal, makanan dan sumbangan pakaian. Selengkapnya dapat Anda lihat pada grafis berikut.

Penulis: Asha Sharma (Product Lead, Social Good, Facebook)

Penyunting: Rateka Lee

Foto Ilustrasi: rtkChannel

Model: Fitria Mardha

bottom of page